Resep Kue Lidah Kucing Manis Asli Putih Telur

Kue Lidah Kucing adalah salah satu jenis kue kering berasal dari Belanda, yang identik dengan bentuk mirip seperti lidah kucing. Rasa gurih, renyah dan enak iniliah yang membuat kue lidah kucing disukai oleh orang Indonesia.
Cara Membuat dan Resep Kue Lidah Kucing Manis Asli Putih Telur - chef.heru.my.id

Katte Tong merupakan nama asli dari kue khas asal Belanda ini. Saat ini beberapa varian kue lidah kucing tengah hits, mulai dari varian putih telur, rainbow, teflon, hingga kue lidah kucing dengan atau tanpa cetakan serta dengan atau tanpa oven.

Baca: Resep Kue Putri Salju Asli Original

Seperti diketahui kalau kue lidah kucing ini mampu bertahan lama, terkait berapa hari tergantung dari cara dan tempat penyimpanan yang tepat. Terlepas dari hal tersebut kue kering ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan teh hangat di rumah.

Bahan Kue Lidah Kucing Manis Asli Putih Telur:

  1. Tepung terigu protein rendah sebanyak 600 gram
  2. Susu bubuk full cream sebanyak 50 gram
  3. Gula halus sebanyak 350 gram kemudian di ayak
  4. Gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  5. Margarin sebanyak 600 gram
  6. Telur ayam sebanyak 4 butir (ambil bagian putihnya saja)
  7. Vanili pasta sebanyak 1 sendok teh
  8. Kuning telur sebanyak 2 butir

Cara Membuat Kue Lidah Kucing Manis Asli Putih Telur:

Siapkan sebuah wadah untuk mengocok bahan seperti margarin, vanili pasta, dan gula halus, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan bercampur rata dan berubah warna menjadi putih pucat.

Setelah itu masukan kuning telur lalu kocok kembali hingga adonan mengembang kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Ayak tepung terigu bersamaan dengan susu bubuk kemudian masukan sedikit demi sedikit pada campuran adonan yang pertama tadi, aduk perlahan hingga seluruh bahan adonan tercampur rata.

Siapkan kembali sebuah wadah baru lalu kocoklah putih telur hingga mengembang, masukan gula pasir kemudian kocok kembali hingga bahan tersebut terlihat seperti mengeras.

Langkah selanjutnya adalah memasukan kocokan putih telur tadi pada wadah adonan yang pertama dengan cara perlahan dan bertahap sambil terus di aduk dengan menggunakan sendok hingga seluruhnya tercampur rata.

Setelah adonan siap, masukan pada plastik segitiga khusus untuk kue namun tanpa spuit motif.

Siapkan loyang cetakan khusus untuk kue lidah kucing dan habiskan adonan dengan mencetaknya pada loyang cetakan tersebut.

Terakhir, panggang adonan di dalam loyang tersebut pada oven dengan suhu sekitar 160 derajat celcius hingga matang dan garing kurang lebih sekitar 15 hingga 20 menit.

Angkat lalu dinginkan dan kue lidah kucing hasil kreasi anda siap dihidangkan.

Sajikan.

Baca: Resep Donat Mix Fruit Strawberry, Anggur, Jeruk

Baca juga

Posting Komentar